Koduct Cable Carrier Chain: Ini Dia Penjelasan dan Manfaatnya

Cable Carrier

Koduct Cable Carrier Chain – Hayo, ngaku deh, pasti kamu sering lihat tuh kabel-kabel yang nempel di mesin-mesin pabrik, kayak mesin bubut, mesin gergaji, mesin plastik, alat dokter, atau mesin robot. Kabel-kabel itu penting banget lho, soalnya buat ngasih listrik atau angin ke mesin yang gerak-gerak. Tapi, gimana caranya biar kabel-kabel itu aman dari gangguan yang bisa bikin rusak? Caranya adalah pake koduct cable carrier chain.

Teknologi dari Koduct cable carrier chain itu untuk sistem pelindung kabel yang bentuknya kayak rantai yang bisa dibelok-belokin. Rantainya terdiri dari banyak mata rantai yang nyambung-nyambung dan ada ruang kosong di dalemnya buat naruh kabel. Kalo pake alat ini, kabel-kabel bakal terhindar dari gesekan, benturan, panas, debu, atau zat kimia yang bisa bikin kabel jebol. Selain itu, alat ini juga ngebantu ngerapihin kabel-kabel biar gak acak-acakan atau nyangkut.

Koduct cable carrier chain itu produk andalan dari Koduct Co., Ltd., salah satu perusahaan top di bidang cableveyor di Korea. Perusahaan ini udah berjuang keras buat bikin dan nyediain alat yang kualitasnya oke punya dan kerjanya mantap. Produk-produk dari Koduct punya kelebihan dari segi desain yang unik dan inovatif. Koduct juga punya lebih dari 1.500 ukuran produk yang beda-beda lewat riset dan pengembangan yang gak pernah berhenti. Tujuan Koduct adalah bikin pelanggan senang dengan ngasih solusi yang tepat dan layanan yang terbaik dari hati.

Macem-Macem Koduct Cable Carrier Chain

Macem-Macem Koduct Cable Carrier Chain

Alat ini ada macem-macemnya yang bisa disesuain sama kebutuhan dan fungsi mesin. Ini dia macem-macem koduct cable yang ada:

Plastic Cable Carrier:

Bahannya dari plastik yang ringan dan awet. Jenis ini cocok buat mesin yang kecepatan dan percepatannya biasa aja, sama jarak geraknya gak terlalu jauh. Alat ini punya variasi bentuk dan ukuran yang banyak, mulai dari yang kecil sampe yang gede, dari yang datar sampe yang melengkung, dan dari yang nutup sampe yang ngintip. Plastic cable carrier juga gampang dipasang dan dilepas, sama harganya juga gak bikin kantong bolong.

Steel Cable Carrier:

Bahannya dari besi yang kuat dan gak gampang karatan. Jenis ini cocok buat mesin yang kecepatan dan percepatannya kenceng banget, sama jarak geraknya jauh banget. Steel cable carrier punya kelebihan dari segi ketahanan terhadap suhu panas, beban berat, dan lingkungan yang kasar. Alat ini juga punya variasi ukuran yang lebar, mulai dari yang sedang sampe yang super gede. Steel cable carrier butuh perawatan yang rutin biar tetep bagus.

Cable Track System:

Alat ini dilengkapi dengan rel atau jalur khusus buat ngarahin gerakan rantai. Jenis ini cocok buat mesin yang jarak geraknya super jauh, kayak crane, alat berat, atau kendaraan. Cable track system punya kelebihan dari segi stabilitas dan keamanan, karena rantai gak bakal geser atau lepas dari jalurnya. Cable track system juga punya variasi bentuk dan ukuran yang fleksibel, mulai dari yang lurus sampe yang melengkung, dan dari yang mendatar sampe yang tegak. Cable track system butuh ruang yang cukup buat dipasang.

Keuntungan Pake Koduct Cable Carrier Chain

Keuntungan Pake Koduct Cable Carrier Chain

Pake koduct cable carrier chain buat melindungin kabel-kabel di mesin pabrik itu banyak banget keuntungannya, antara lain:

  • Ningkatin efisiensi dan produktivitas mesin: Kalo pake koduct cable carrier chain, kabel-kabel bakal terlindung dari kerusakan yang bisa ngganggu kerja mesin. Ini bakal ngurangin resiko mesin rusak, mati, atau kecelakaan kerja. Jadi, mesin bakal bisa jalan mulus dan maksimal, yang artinya ningkatin efisiensi dan produktivitas mesin.
  • Ngehemat biaya perawatan dan penggantian kabel: Kalo pake koduct cable carrier chain, kabel-kabel bakal punya umur yang lebih lama, karena gak gampang aus atau rusak. Ini bakal ngehemat biaya perawatan dan penggantian kabel yang bisa mahal banget. Selain itu, koduct cable carrier chain juga punya umur yang lama, karena bahannya berkualitas dan tahan lama.
  • Ngebagusin penampilan mesin dan lingkungan kerja: Kalo pake koduct cable carrier chain, kabel-kabel bakal tertata rapi dan bersih, jadi gak ngganggu mata atau gerakan. Ini bakal ngebagusin penampilan mesin dan lingkungan kerja, jadi bikin suasana yang nyaman dan profesional. Selain itu, koduct cable carrier chain juga punya desain yang cakep dan modern, jadi nambah nilai estetika mesin.

Cara Milih Koduct Cable Carrier Chain yang Pas

Buat milih koduct cable carrier chain yang pas sama kebutuhan dan fungsi mesin, ada beberapa hal yang harus diperhatiin, yaitu:

  • Ukuran kabel: Ukuran kabel yang mau dilindungin sama koduct cable carrier chain harus pas sama ukuran ruang kosong di dalem rantai. Kalo kabelnya kegedean, bakal bikin gesekan atau tekanan yang berlebihan di rantai. Kalo kabelnya kekecilan, bakal bikin kabel goyang atau lepas dari rantai. Makanya, ukuran kabel harus disesuain sama ukuran tinggi, lebar, dan panjang rantai.
  • Jarak gerak: Jarak gerak itu jarak maksimal yang bisa dicapai sama mesin yang gerak-gerak. Jarak gerak ini harus pas sama panjang koduct cable carrier chain yang dipake. Kalo panjang rantainya kependekan, bakal bikin kabel ketarik atau putus. Kalo panjang rantainya kepanjangan, bakal bikin kabel melorot atau berlebihan. Makanya, panjang rantai harus disesuain sama jarak gerak mesin.
  • Kecepatan dan percepatan: Kecepatan dan percepatan itu laju dan perubahan laju gerakan mesin. Kecepatan dan percepatan ini harus pas sama jenis koduct cable carrier chain yang dipake. Kalo kecepatan dan percepatan mesinnya kekencengan, bakal bikin gaya sentrifugal atau inersia yang gede di rantai. Kalo kecepatan dan percepatan mesinnya kepelanan, bakal bikin gerakan yang lemot atau gak stabil. Makanya, jenis rantai harus disesuain sama kecepatan dan percepatan mesin.
  • Bentuk dan arah gerak: Bentuk dan arah gerak itu pola dan sudut gerakan mesin. Bentuk dan arah gerak ini harus pas sama bentuk dan arah koduct cable carrier chain yang dipake. Kalo bentuk dan arah gerak mesinnya beda sama bentuk dan arah rantai, bakal bikin sudut tikungan atau belokan yang gak pas di rantai. Kalo bentuk dan arah gerak mesinnya sama sama bentuk dan arah rantai, bakal bikin gerakan yang harmonis dan seimbang di rantai. Makanya, bentuk dan arah rantai harus disesuain sama bentuk dan arah gerak mesin.

Tabel Bandingin Jenis Koduct Cable Carrier Chain

Buat memudahin kamu milih koduct cable yang pas, ini dia tabel bandingin antara jenis-jenis koduct cable yang ada:

JenisBahanKecepatanPercepatanJarak GerakBentuk dan Arah GerakKeunggulanKekurangan
Plastic Cable CarrierPlastikRendah-SedangRendah-SedangPendek-SedangDatar-Melengkung, Horizontal-VertikalRingan, Tahan Lama, Mudah Dipasang, Harga TerjangkauTidak Tahan Suhu Tinggi, Beban Berat, dan Lingkungan Keras
Steel Cable CarrierBajaTinggiTinggiPanjangDatar-Melengkung, Horizontal-VertikalKuat, Tahan Karat, Tahan Suhu Tinggi, Beban Berat, dan Lingkungan KerasBerat, Membutuhkan Perawatan Rutin, Harga Mahal
Cable Track SystemBaja dan PlastikTinggiTinggiSangat PanjangLurus-Melengkung, Horizontal-VertikalStabil, Aman, FleksibelMembutuhkan Ruang yang Cukup, Membutuhkan Rel atau Jalur Khusus

Cara Pasang Alat ini

Setelah milih alat yang pas, langkah selanjutnya adalah pasangin di mesin. Ini dia cara pasangin yang gampang dan praktis:

  • Tentuin titik awal dan akhir: Titik awal dan akhir itu tempat di mana koduct cable bakal nyambung sama mesin. Titik awal dan akhir harus dipilih dengan pertimbangin jarak gerak, bentuk dan arah gerak, dan posisi kabel. Titik awal dan akhir harus punya ruang yang cukup buat pasangin bracket atau penyangga rantai.
  • Pasangin bracket atau penyangga rantai: Bracket atau penyangga rantai itu alat yang dipake buat ngeiketin koduct cable sama mesin. Bracket atau penyangga rantai harus dipasangin dengan kenceng dan sejajar sama arah gerak mesin. Bracket atau penyangga rantai harus punya ukuran yang pas sama ukuran rantai.
  • Masukin kabel ke dalem rantai: Kabel yang mau dilindungin sama koduct cable harus dimasukin ke dalem ruang kosong di dalem rantai. Kabel harus dimasukin dengan rapi dan gak boleh ada yang kejepit atau kelepet. Kabel harus punya jarak yang cukup dari dinding rantai buat hindarin gesekan atau tekanan.
  • Nyambungin rantai sama bracket atau penyangga rantai: Rantai yang udah ngisi kabel harus nyambungin sama bracket atau penyangga rantai yang udah dipasangin di titik awal dan akhir. Rantai harus nyambungin dengan cara yang bener sesuai sama jenis rantai. Rantai harus punya panjang yang pas sama jarak gerak mesin.
  • Cekin kinerja rantai: Setelah rantai terpasangin dengan bener, langkah terakhir adalah cekin kinerja rantai dengan nyalain mesin. Rantai harus bisa gerak dengan lancar dan gak ada yang ganggu atau putus. Rantai harus bisa lindungin kabel dengan bener dan gak ada yang rusak atau aus.

Kamu bisa hubungin cahayaglobalteknik.com lewat website atau nomor telepon 021-6530 2366  / 021-2268 5656. ๐Ÿ“ž

๐Ÿ“ฑ Dapatkan Harga Spesial produk dan layanannya dengan menghubungi kami via WhatsApp di โ€œCHAT KAMI SEKARANGโ€œ

Kesimpulan

Koduct cable itu sistem pelindung kabel yang bentuknya kayak rantai yang bisa dibelok-belokin. Koduct cable carrier chain punya banyak keuntungan, kayak ningkatin efisiensi dan produktivitas mesin, ngehemat biaya perawatan dan penggantian kabel, dan ngebagusin penampilan mesin dan lingkungan kerja. Alat ini punya macem-macem jenis yang bisa disesuain sama kebutuhan dan fungsi mesin, kayak plastic cable carrier, steel cable carrier, dan cable track system. Koduct cable carrier chain juga gampang dipasangin dan dirawatin dengan cara yang sederhana dan praktis.

Semoga artikel ini berguna dan nambah ilmu kamu tentang sistem pelindung kabel yang canggih dan praktis ini. Kalo kamu pengen beli atau tau lebih banyak tentang koduct cable carrier chain, kamu bisa mampir ke website resmi dari cahayaglobalteknik.com, distributor resmi dari Koduct di Indonesia. Kamu juga bisa hubungin nomor telepon atau email yang ada di website itu buat dapetin info lebih lengkap.

Makasih ya udah baca artikel ini sampe abis. Kalo kamu suka sama artikel ini, boleh dong dishare ke temen-temen atau medsos kamu. Kalo kamu punya saran atau komentar tentang artikel ini, yuk tulis di kolom komentar di bawah ini. Sampai ketemu di artikel berikutnya. ๐Ÿ˜Š

Similar Posts

Leave a Reply