Jual Electro Motor 3 Phase Terbaik

Jual Electro Motor 3 Phase – Kita semua tahu bahwa di dunia elektronika dan kelistrikan kita mengenal motor listrik. Ada banyak jenis motor listrik mulai dari motor listrik satu fasa sampai motor DC tiga fasa motor servo motor stepper dan masih banyak jenis motor lainnya. dll.

cahayaglobaleknik.com kali ini akan fokus berbagi informasi mulai dari pengertian motor listrik tiga fasa hingga cara kerjanya. Bagi yang ingin mengetahui informasi lengkapnya anda bisa cek ulasan dibawah ini.

Pengertian Elektro Motor 3 Phase

Motor listrik tiga fasa adalah motor yang beroperasi dengan menggunakan perbedaan fasa dari sumber untuk menghasilkan gaya putar pada rotor.

Pada motor tiga fasa perbedaan fasa diambil langsung dari sumbernya. Inilah perbedaan antara motor 1 fasa dan motor 3 fasa.

Umumnya motor 3 fasa memiliki dua bagian utama yaitu stator dan rotor. Bagian-bagian tersebut dipisahkan oleh celah udara yang sempit atau biasa disebut dengan celah udara. Jarak antara stator dan rotor dipisahkan oleh celah udara sekitar 04 mm sampai 4 mm.

Baca Juga : Jual Electro Motor 1 Phase

Dari sudut pandang rotor dan belitan ada dua jenis motor 3 fasa yaitu rotor belitan dan rotor sangkar tupai. Motor rotor belitan 3 fasa adalah jenis motor induksi yang belitan rotor dan statornya terbuat dari bahan yang sama.

Motor sangkar tupai tiga fasa (rotor sangkar tupai) adalah jenis motor induksi yang struktur rotornya terdiri dari beberapa batang logam yang dimasukkan ke dalam slot rotor motor dan setiap bagian dihubungkan oleh cincin. Ikatan mengurangi kontak antara satu batang logam dan batang logam lainnya.

Prinsip Kerja Electro Motor 3 Fasa

Prinsip kerja electro motor 3 phase ini sangat sederhana. Jika sumber tegangan tiga fasa dialirkan ke kumparan stator medan magnet yang berputar akan muncul pada kecepatan tertentu.

Besarnya kecepatan ini dapat diukur dengan menggunakan rumus Ns = 120 f/P. Di antara NS ini adalah kecepatan F adalah frekuensi catu daya dan P adalah poros motor Perlu dicatat bahwa medan magnet putar stator memotong konduktor pada rotor sehingga gaya gerak listrik dihasilkan oleh rotor.

Jual Electro Motor 3 Phase

Daya ditampilkan di bilah kontrol. EMF menghasilkan arus (I) dan gaya (F) pada rotor. Untuk menginduksi GGL harus ada perbedaan antara kecepatan putaran medan magnet pada stator (ns) dan kecepatan putaran pada rotor (nr).

Prinsip Kerja Motor 3 Fasa

Perubahan kecepatan antara stator dan rotor disebut slip (s) dan dapat dinyatakan dengan rumus s= (ns – nr) / ns. Jika nr = ns maka tidak terjadi ggl induksi dan tidak ada arus yang mengalir ke batang penghantar (rotor) sehingga tidak ada rangkaian. Menurut mode operasi ini motor 3 fase juga disebut motor asinkron atau asinkron.

Berikut adalah Kelebihan dan Kekurangan Dari Electro Motor 3 Phase

Kelebihan

  1. Struktur mesinnya sangat bertenaga dan sederhana.
  2. Harga sepeda motor relatif murah dan daya tahannya tinggi.
  3. Efisiensi yang relatif tinggi
  4. Biaya perawatan yang relatif rendah dalam kondisi normal

Kekurangan

  1. Sulit untuk mengontrol kecepatan
  2. Arus awal 5 sampai 7 kali lebih besar dari arus nominal pada beban ringan
  3. Faktor daya rendah

Sekian informasi mengenai pengertian dan prinsip kerja motor 3 fasa. Sedikit diketahui bahwa motor tiga fasa memiliki dua jenis sambungan belitan yaitu sambungan bintang atau wye dan sambungan delta atau tiga fasa. Demikian informasi yang kami sampaikan semoga bermanfaat

Similar Posts

Leave a Reply