Chain Coupling KC: Apa Sih Itu dan Gimana Cara Milihnya?

Chain Coupling KC: Apa Sih Itu dan Gimana Cara Milihnya?

Hayo, kamu tau nggak sih apa itu chain coupling KC? Kalau nggak tau, jangan khawatir, karena di artikel ini saya akan kasih tau kamu semua. Chain coupling KC itu adalah salah satu jenis kopling yang bisa nyambungin dua poros yang muter-muter. Kopling ini bentuknya ada dua roda gigi yang cocok banget, sama rantai yang ngelilingin roda gigi itu. Kopling ini enaknya bisa nelen getar-getar, nyesuain dikit beda sudut dan jarak antara poros, sama gampang dipasang dan dicopot. 😎

Tapi, kopling ini juga ada jeleknya loh. Kopling ini harus dikasih pelumas yang cukup, gampang aus dan karatan, sama batas torsi-nya rendah. Makanya, sebelum milih kopling ini, kamu harus mikirin dulu beberapa hal kayak ukuran, kecepatan, daya, sama kondisi lingkungan. 🤔

Chain Coupling KC: Apa Sih Itu dan Gimana Cara Milihnya?

Ukuran

Ukuran chain coupling KC itu ditentuin sama diameter luar, diameter konde, maksimal bubut, tinggi total, sama tipe kunci. Diameter luar itu diameter roda gigi yang paling gede, diameter konde itu diameter lubang poros, maksimal bubut itu diameter paling gede yang bisa dibubut di roda gigi, tinggi total itu jarak antara permukaan roda gigi yang berlawanan, sama tipe kunci itu jenis kunci pasak yang dipake buat ngunci poros sama roda gigi.

Ukuran chain coupling KC yang ada di pasar itu macem-macem, mulai dari KC-4012 sampe KC-16022. Kamu harus milih ukuran yang cocok sama poros yang mau disambungin, biar kopling bisa kerja dengan baik dan aman. Kalo ukurannya nggak cocok, bisa-bisa kopling lepas, geser, atau patah. 😱

Kecepatan

Kecepatan chain coupling KC itu kecepatan muter maksimal yang bisa ditanggung sama kopling. Kecepatan ini dipengaruhi sama faktor-faktor kayak torsi, suhu, pelumasan, dan keausan. Makin gede torsi yang ditransmisikan, makin tinggi suhu yang keluar, makin kurang pelumasan yang dikasih, sama makin parah keausan yang terjadi, maka makin rendah kecepatan yang bisa dicapai sama kopling.

Kecepatan yang biasa dipake itu sekitar 100 sampe 1500 rpm. Kamu harus milih kecepatan yang sesuai sama kebutuhan aplikasi, biar kopling nggak gagal atau rusak. Kalo kecepatannya kegedean, bisa-bisa kopling kepanasan, getar-getar, atau berisik. 😓

Daya

Daya chain coupling KC itu daya maksimal yang bisa ditransmisikan sama kopling. Daya ini dipengaruhi sama faktor-faktor kayak torsi, kecepatan, faktor layanan, sama faktor keamanan. Torsi itu gaya muter yang ditransmisikan sama poros, kecepatan itu kecepatan muter poros, faktor layanan itu faktor koreksi yang tergantung sama jenis beban dan waktu operasi, sama faktor keamanan itu faktor koreksi yang tergantung sama ketelitian hitung dan kondisi operasi.

Daya chain coupling KC yang biasa dipake itu sekitar 0,5 sampe 250 kW. Kamu harus milih daya yang sesuai sama kapasitas mesin, biar kopling nggak overload atau underload. Kalo dayanya kegedean, bisa-bisa kopling bengkok, retak, atau patah. Kalo dayanya kekecilan, bisa-bisa kopling selip, gesek-gesek, atau aus. 😥

Kondisi Lingkungan

Kondisi lingkungan chain coupling KC itu kondisi fisik dan kimia yang ngaruhin kinerja dan umur kopling. Kondisi ini meliputi suhu, kelembaban, debu, kotoran, korosi, sama bahan kimia. Suhu itu tingkat panas atau dingin yang dialamin sama kopling, kelembaban itu kadar air yang ada di udara, debu itu partikel halus yang terbawa sama udara, kotoran itu benda asing yang nempel di kopling, korosi itu proses pengikisan logam gara-gara reaksi kimia, sama bahan kimia itu zat-zat yang bereaksi sama kopling.

Kondisi lingkungan chain coupling KC yang ideal itu bersih, kering, dan sejuk. Kamu harus milih kondisi yang sesuai sama spesifikasi kopling, biar kopling nggak rusak atau turun kualitasnya. Kalo kondisinya kepanasan, basah, berdebu, kotor, berkarat, atau berbahan kimia, bisa-bisa kopling pelumasannya jelek, kaku, aus, atau lemah. 😭

Tabel Spesifikasi

Ini nih tabel yang nunjukin spesifikasi chain coupling KC yang ada di [Sarana Teknik]:

TipeDiameter Luar (mm)Diameter Konde (mm)Maksimal Bubut (mm)Tinggi Total (mm)Tipe KunciBerat Kopling (kg)Berat Pelindung (kg)
KC-401263401675L 30.80.2
KC-401480552893L 41.30.5
KC-401690633299L 51.80.6
KC-50141007338112L 52.70.8
KC-50161128042118L 63.51.0
KC-50181229045124L 64.21.2
KC-601814010050142L 86.51.8
KC-602015411256148L 88.02.2
KC-602216412560154L 89.52.5
KC-801818012560162L 1011.03.0
KC-802020014070178L 1014.4.0

TipeDiameter Luar (mm)Diameter Konde (mm)Maksimal Bubut (mm)Tinggi Total (mm)Tipe KunciBerat Kopling (kg)Berat Pelindung (kg)
KC-802222416080194L 1018.05.0
KC-1002025018090218L 1225.07.0
KC-12018280200100238L 1432.09.0
KC-12022315224110254L 1440.011.0
KC-16018355250125278L 1650.014.0
KC-16022400280140294L 1660.017.0

Cara Memasang dan Merawat Chain Coupling KC

Setelah milih chain coupling KC yang pas sama kebutuhan dan spesifikasi, kamu juga harus tau cara pasang dan rawatnya yang bener. Cara pasang dan rawat chain coupling KC itu gampang kok, tapi tetep butuh teliti dan hati-hati. Ini nih langkah-langkah yang harus kamu lakuin:

Cara Memasang

  1. Siapin alat-alat yang dibutuhin, kayak kunci pas, obeng, palu, sama pelumas.
  2. Pasang roda gigi di poros yang mau disambungin, pake kunci pasak yang sesuai sama tipe kunci. Pastiin roda gigi pasangnya rapet dan sejajar sama poros.
  3. Pasang rantai di roda gigi, kaitin pin sama bushing yang ada di rantai. Pastiin rantai pasangnya rata dan nggak ada yang mlintir atau kebalik.
  4. Pasang pelindung di kopling, pake obeng sama baut yang disediain. Pastiin pelindung pasangnya kuat dan nggak ada yang goyang atau geser.
  5. Olesin pelumas di rantai sama roda gigi, pake semprotan atau kuas. Pastiin pelumas olesnya merata dan nggak kebanyakan atau kekurangan.

Cara Merawat

  1. Cek kondisi kopling secara rutin, paling nggak setiap 3 bulan sekali. Liat apakah ada tanda-tanda rusak, aus, bocor, atau kotor di kopling.
  2. Bersihin kopling dari debu, kotoran, atau bahan kimia yang nempel, pake lap kering atau basah. Jangan pake bahan bersihin yang kasar atau ngerusak, soalnya bisa bikin kopling rusak.
  3. Ganti pelumas di rantai sama roda gigi secara rutin, paling nggak setiap 6 bulan sekali. Pake pelumas yang sesuai sama spesifikasi kopling, dan jangan campur pelumas yang beda jenis atau merek.
  4. Ganti rantai atau roda gigi yang aus atau rusak, pake rantai atau roda gigi yang baru dan sama ukurannya. Jangan pake rantai atau roda gigi yang nggak cocok atau nggak standar, soalnya bisa bikin kopling nggak kerja bener atau malah rusak.

Manfaat Pake Chain Coupling KC

Pake chain coupling KC itu banyak manfaatnya, baik buat mesin maupun buat kamu. Ini nih beberapa manfaat yang bisa kamu dapetin darialat ini:

  • Bisa nelen getar-getar yang muncul gara-gara beda kecepatan, sudut, atau jarak antara poros. Hal ini bisa kurangin resiko rusaknya mesin atau komponen lainnya.
  • Bisa nyesuain dikit beda sudut dan jarak antara poros, tanpa kurangin efisiensi transmisi daya. Hal ini bisa nambahin fleksibilitas dan akurasi di mesin atau sistem yang dipake.
  • Gampang dipasang dan dicopot, tanpa butuh alat khusus atau atur-atur yang ribet. Hal ini bisa hemat waktu dan duit pas instalasi atau perawatan.
  • Punya harga yang murah, dibandingin sama jenis kopling lainnya. Hal ini bisa kurangin pengeluaran modal atau operasional di mesin atau sistem yang dipake.

Contoh Aplikasi Chain Coupling KC

Chain coupling KC bisa dipake buat macem-macem aplikasi, terutama yang nyangkut sama transmisi daya atau gerak. Ini nih beberapa contoh aplikasi chain coupling KC:

  • Bisa dipake buat nyambungin poros di mesin-mesin industri, kayak pompa, kompresor, kipas, conveyor, mixer, dan lain-lain.
  • Bisa dipake buat nyambungin poros di mesin-mesin pertanian, kayak traktor, mesin panen, mesin giling, dan lain-lain.
  • Bisa dipake buat nyambungin poros di mesin-mesin otomotif, kayak motor, mobil, sepeda, dan lain-lain.
  • Bisa dipake buat nyambungin poros di mesin-mesin rumah tangga, kayak mesin cuci, blender, mixer, dan lain-lain.

Kamu bisa hubungin cahayaglobalteknik.com lewat website atau nomor telepon 021-6530 2366  / 021-2268 5656. 📞

📱 Dapatkan Harga Spesial produk dan layanannya dengan menghubungi kami via WhatsApp di “CHAT KAMI SEKARANG

Akhir Kata tentang Chain Coupling KC

Itu dia artikel yang saya buat ulang tentang chain coupling KC. Saya harap artikel ini bisa kasih info yang berguna dan seru buat kamu. Kalo kamu tertarik buat beli atau tau lebih banyak tentang chain coupling KC, kamu bisa mampir ke [Cahaya Global Teknik], salah satu distributor terpercaya yang nyediain macem-macem produk kopling, termasuk chain coupling KC.

Makasih ya udah baca artikel ini sampe abis. Semoga bermanfaat dan nambah ilmu kamu. Kalo kamu ada pertanyaan, saran, atau komentar, silakan tulis di kolom yang disediain. Kamu juga bisa bagi-bagi artikel ini sama temen-temen kamu yang mungkin tertarik sama topik ini. Sampai ketemu di artikel selanjutnya. 😊

[1 main keyword, 3 derivative keywords, and 5 relevant tags]: chain coupling KC, chain coupling, kopling rantai, kopling roda gigi, kopling, roda gigi, rantai, transmisi, mesin, teknik.

Similar Posts

Leave a Reply