Fungsi Gearbox Motor yang Selama Ini Belum Kamu Ketahui

Fungsi Gearbox Motor

Fungsi Gearbox Motor – Gearbox tidak hanya ada pada motor saja loh. Gearbox juga ada pada mobil loh. Kalau kita sering bersinggungan dengan dunia otomotif pastinya kita seringkali bersinggungan dengan kata gearbox. Nah banyak juga dari kita yang jarang banget bersinggungan dengan dunia otomotif. Pastinya kita bingung dengan perangkat-perangkat yang berbau dengan otomotif.

Apa itu Gearbox Motor?

Secara umum, gearbox tidak hanya digunakan pada motor saja. Dalam dunia industri dan dunia otomotif gearbox sering digunakan sebagai komponen yang mendukung lancarnya proses. Fungsi utama gearbox secara umum adalah mentransfer tenaga penggerak ke mesin yang akan dijalankan. Keberadaan gearbox ini sangat penting.

Pentingnya Gearbox

Alasan yang mendasari kenapa gearbox ini penting adalah mengurangi kecepatan putaran dari tenaga dinamo motor atau mesin diesel. Alasan yang kedua adalah meningkatkan intensitas tenaga putar yang dihasilkan oleh mesin diesel atau mesin dinamo.

Apa yang terjadi jika tidak ada gearbox? Maka yang terjadi adalah kendali terhadapp tenaga yang dihasilkan oleh mesin diesel atau dinamo tidak dapat berjalan.

Selain ada di motor, ternyata gearbox juga ada di mesin conbeyor. Conveyor adalah alat yang biasa digunakan industri untuk memindahkan barang dari tempat satu ke tempat lainnya.

Dengan adanya gearbox pada conveyor adalah kecepatan pada mesin conveyor bisa diatur dan memungkinkan penyesuaian kecepatannya.

Baca Juga: Fungsi Transmisi yang Perlu Kamu Ketahui

Nama Lain Gearbox

Gearbox motor merujuk pada speed reducer karena gearbox ini mengurangi kecepatan dari daya yang dihasikan. Gearbox motor juga merujuk pada transmisi manual. Transmisi manual ini bertanggungjawab dalam menciptakan sistem yang memindahkan tenaga dari mesin ke bagian yang lain. Gearbox juga mampu menyesuaikan torsi dari motor yang berputar.

Fungsi Gearbox Motor

Gearbox motor memiliki peran yang tidak bisa disepelekan loh. Penemuan gearbox motor ini membawa manfaat bagi manusia pada umumnya. Apalagi yang sering bersinggungan dengan dunia otomotif ataupun dunia industri pastinya merasaka kebermanfaatannya ini. Apa saja sih fungsi gearbox motor?

1. Menyalurkan Tenaga

Tenaga yang dimaksud disini adalah daya. Daya yang dihasilkan dari mesin sepeda motor. Dengan adanya gearbox motor maka mentransfer daya atau tenaga ke bagian mesi yang lain. Selain itu gearbox juga menghasilkan gerakan yang memungkinkan seppeda motor untuk bergerak maju.

Apa yang terjadi jika sepeda motor tidak bisa bergerak maju? Wah pastinya itu akan menyulitkan kita sebagai penumpang atau pengendara motor yah. Melalui kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi ini, gearbox ditemukan.

Pada sepeda motor matic, tenaga atau daya yang disalurkan tidak melewati gearbox namun melewati sabuk atau yang disebut vanbelt. Adanya vanbelt pada motor matic inilah yang menyebabkan motor dapat bergerak karena berputar pada porosnya.

Gearbox pada motor manual ini sangat dibutuhkan kehadirannya. Ketika memakai motor manual maka gearbox berperan untuk mempercepat atau mengurangi laju kendaraan. Bagi kita yang sering menggunakan motor manual pasti sudah langsung mengerti kenapa gearbox ini bisa mengurangi laju kendaraan.

Tanpa kita tahu teoriny, kita sudah merasakan kebermanfaatannya. Saat kita melewati jalan yang turun pasti transmisi gigi pada motor manual kita biasanya dikurangi. Tanpa mengerempun dengan gigi kecil, laju kendaraan dihambat. Berbeda tatkala kita menekan terus transmisinya saat jalanan turun. Motor pastinya bakalan secepat kilat menuruni jalanan itu.

Tips yang selanjutnya saat menuruni jalan yang turun adalah mengurangi gigi sembari mengerem ban depan dan ban belakang. Nah kombinasi ini sangat bermanfaat untuk keselamatan pengguna motor. Bahaya juga yah kalau motor manual tidak ada gearboxnya.

2. Mengatur Tenaga yang Dihasilkan Oleh Mesin

Fungsi gearbox motor yang selanjutnya adalah mengatur tenaga yang dihasilkan oleh mesin. Gearbox juga berfungsi untuk mengatur dan menyesuaikan daya yang dihasilkan oleh mesin. Tiap motor manual pasti dilengkapi dengan beberapa gigi yang memiliki tingkat kecepatan yang berbeda.

Biasanya di motor manual kita mendapati ada 4 gigi. Gigi 1 untuk kecepatan pelan. Sedangkan gigi 4 untuk kecepatan kencang. Gigi bisa diatur dengan mudah sesuai dengan kondisi jalan yang kita lewati. Untuk jalanan turun kita bisa menggunakan gigi 1 untuk mengurangi laju kendaraan kita.

Pada motor matic ada komponen gearbox yang mendukung untuk kelancaran proses melaju di jalanan. Walaupun tidak terasa transmisi giginya pada motor matic, namun gearbox tetap ada di motor matic. Transmisi pada motor matic dapat terasa namun halus saat kecepatan kendaraan dipercepat atau diperlambat.

3. Mengubah Daya Mesin Menjadi Lebih Besar

Fungsi gearbox yang ketiga adalah mengubah daya mesin menjadi lebih besar. Gearbox berperan pada daya mesin yang diubahnya menjadi lebih besar. Kenapa bisa begitu? Daya atau tenaga yang dihasilkan oleh mesin akan meningkat dan akselerasi kendaraan juga meningkat. Hal tersebutlah yang menyebabkan daya mesin menjadi lebih besar.

4. Mengatur Kecepatan Gerakan dan Torsi

Fungsi gearbox motor yang selanjutnya adalah mengatur cepatnya gerakan dan torsi. Hal ini nih yang menyebabkan pengendalian akan mesin motor jadi lebih akurat terhadap kecepatan dan tenaga yang dihasilkan oleh mesin. Selain itu gearbox motor juga berfungsi untuk mengoptimalkan kinerja kendaraan secara keseluruhan.

Merawat Gearbox dengan Benar

Agar gearbox bisa tahan lama pastikan merawatnya dengan benar, dengan cara:

1. Memakai Oli dengan Kualitas yang Terbaik

Jika kita mau merawat gearbox motor dengan benar maka yang kita lakukan pertama kali adalah menggunakan oli dengan kualitas yang terbaik. Oli yang digunakan adalah oli transmisi. Oli transmisi berbeda dengan oli mesin. Begitu pula dengan jadwal pergantiannya.

Kualitas oli transmisi yang kita beli dan digunakan oleh mesin motor kita tentu berpengaruh terhadap performa dari gearbox motor itu sendiri. Oli transmisi ini perlu dibutuhkan dengan jumlah dan kualitas yang tepat. Performa dari gearbox yang optimal maka akan lebih mendukung performa kendaraan secara keseluruhan. Jangan pula memakai oli bekas untuk gearbox untuk menghindari masalah-masalah di hari selanjutnya akibat oli bekas tersebut.

2. Melakukan Penggantian Oli Transmisi Secara Teratur

Setelah kita memakai kualitas oli transmisi yang terbaik maka perlu untuk melakukan penggantian oli transmisi secara teratur. Semua kendaraan yang memiliki gearbox memerlukan perawatan yang rutin. Salah satu perawatan tersebut adalah mengganti oli transmisi secara teratur.

Oli transmisi yang diganti secara teratur akan meningkatkan performa dari gearbox itu sendiri. Seperti yang kita tahu diatas bahwasanya gearbox juga memiliki peran yang penting terhadap keselamatan para pengendaranya. Pastikan untuk selalu mengganti oli transmisi secara teratur ya.

3. Melakukan Pembersihan Pada CVT

CVT adalah singkatan dari  (Continuously Variable Transmission). CVT ini pada mesin motor matic berfungsi untuk memindahkan daya dari mesin menuju ban belakang melalui sabuk menggunakan prinsip gaya gesek. Performa gearbox ini erat kaitannya dengan CVT lebih tepatnya pada kebersihan ruang CVT. Agar gearbox pada motor lebih awet maka kita harus menjaga kebersihan ruang CVT.

Dapatkan komponen Gearbox yang bagus di CV Cahaya Global Teknik! Hubungi Kami!

Similar Posts

Leave a Reply