Apa Fungsi Oil Seal? Nomor 1 Sangat Bermanfaat Untuk Mesin

Oil seal โ€“ Halo sobat cahaya global teknik. Bertemu kembali dengan website kami. Website yang membahas mengenai dunia perotomotifan. Dalam mobil di dalamnya banyak komponen yang jumlahnya tidak sedikit. Diantara banyaknya komponen tersebut adalah oil seal. Oil seal ini terkenal juga dengan sebutan radial lip seal. Waduh kosa kata apalagi ini.

Pasti banyak yang belum kenal dengan yang namanya oil seal. Apa itu oil seal. Fungsinya untuk apa? Menjadi pertanyaan yang paling banyak ditanyakan oleh pembaca sekalian. Nah tenang saja pokoknya artikel ini membahas mengenai radial lip seal yang tentunya bermanfaat untuk kendaraaan itu sendiri.

Pengertian Oil Seal

Kalau kita menerka-nerka apa itu oil seal maka akan ada sebuah pengertian yang berasal dari terjemahan Bahasa Inggris. Dalam Bahasa Indonesia, oil artinya minyak. Sedangkan seal artinya adalah segel. Emmm berarti artinya segel minyak. Apakah benar?

Oil seal merupakan salah satu komponen dari mobil yang memiliki fungsi penting juga. Radial lip seal merupakan komponen dalam mobil yang memiliki ukuran yang kecil. Walaupun kecil tapi fungsinya jangan disepelekan ya.

Bahan oil seal terbuat dari karet sintetis. Sintetis itu apa sih? Sintetis memiliki definisi yaitu buatan. Jadi karet sintetis adalah karet buatan. Jenis karet sintetis yang sering digunakan untuk oil seal adalah karet nitril. Dalam dunia industri, karet nitril disebut juga dengan nitrile rubber (NBR).

Oil seal memiliki peran yang penting. Terutama untuk oli agar oli tidak tumpah kemana-mana. Radial lip seal mencegah oli tetap pada tempatnya sehingga tidak bisa keluar dan masuk. Kalau oli keluar masuk secara bebas maka oli akan tumpah kemana-mana.

Hasilnya adalah mubadzir atau sia-sia. Konsumsi oli juga membengkak pada mobil karena olinya pada tumpah kemana-mana kalau tidak ada komponen yang bernama oil seal. Selain itu radial lip seal juga memiliki fungsi lain yaitu mempertahankan tekanan dalam mesin.

Kenapa sih harus dipertahankan sedemikian rupa? Ketika tekanan mesin kurang dari standar yang ada maka bahan bakar dan udara jadi lebih susah untuk terbakar. Padahal mobil bergerak karena adanya pembakaran. Sehingga mesin mobil susah untuk dinyalakan.

Masih ingatkan dengan pelajaran kimia SMA? Kalau bahan bakar dan udara bereaksi maka hasilnya adalah panas.

Ada juga sisa hasil pembakaran pada reaksi tersebut. Sisa hasil reaksinya berupa air (H2O) dan gas karbon monoksida. Gas karbon monoksida ini merupakan gas yang beracun. Kenapa kita dilarang untuk mendekat saat mobil atau motor dipanasi saat pagi sebelum memulai aktivitas? Karena ada sisa hasil reaksi yang membahayakan untuk kesehatan yaitu gas karbon monoksida tersebut.

Fungsi Oil Seal

Memiliki ukuran yang kecil namun dibalik ukurannya yang kecil itu memiliki sejumlah fungsi yang tidak bisa kita abaikan.

Melindungi Mesin Agar Tidak Kotor

Untuk melindungi mesin mobil agar tidak kotor maka dilakukan pembersihan. Selain pembersihan ada juga peran oil seal agar mesinnya tidak kotor. Mesin yang kotor menyebabkan kinerja mesin itu sendiri mengalami penurunan.

Akibat penurunan kinerja mesin mobil, maka efisiensi kerja mesin yang ada pada mobil juga ikut turun. Kinerja mobil keseluruhan juga ikut turun. Mobil yang kita kendarai jadi kurang enak. Selain itu kinerja mobil juga berpengaruh pada jumlah bahan bakar yang dipakai.

Mesin dengan efisiensi kerja yang rendah berakibat ppada konsumsi bahan bakar yang banyak. Akibatnya penggunaan konsumsi bahan bakar jadi lebih boros. Uang yang kita keluarkan untuk membeli bahan bakar juga lebih banyak. Biaya operasional akan membengkak perlahan. Dengan menjaga ini, maka hal diatas dapat dikurangi biayanya.

Mencegah Oli Bocor

Oli merupakan komponen yang penting dalam kendaraan. Fungsi oli adalah mencegah keausan pada mesin mobil kita. Oli juga bersifat mendinginkan mesin mobil. Fungsi oil seal yang selanjutnya adalah mencegah kebocoran oli pada kendaraan kita.

Kebocoran oli membuat masalah baru. Selain membengkaknya biaya karena oli yang dibutuhkan lebih banyak dari biasanya. Seperti yang kita tahu bahwa oli memang fungsinya mengurangi gesekan antar komponen. Jika olinya habis maka gaya gesek antar komponen semakin tinggi. Gesekan yang tinggi ini menyebakan mesin jadi lebih aus pada komponen yang bergesekan seperti bearing, camshaft, dan piston. Bisa juga oli yang bocor ini sangat merugikan bagi kinerja mesin itu sendiri.

Mesin juga akan bekerja lebih keras dari biasanya. Sehingga konsumsi bahan bakar juga ikut membengkak. Konsumsi bahan bakar yang naik menyebabkan uang untuk membeli bahan bakar juga ikut naik. Efek oli yang bocor memang tidak main-main. Yang dari awalnya hanya konsumsi oli jadi naik maka biaya ikut naik. Kinerja mesin jadi turun dan mesin jadi lebih bekerja keras hingga bisa menyebabkan cepat rusak karena bekerja keras.

Kegunaan radial lip seal memang penting. Walaupun barangnya memang kecil. Namun fungsinya luar biasa yaitu mencegah kebocoran oli. Kebocoran oli menyebabkan konsums oli jadi berlebih, biaya perawatan membengkak. Kinerja mesin jadi lebih keras dan kerusakan pada mesin akan lebih cepat.

Menjaga Cairan Biar Tidak Tercampur

Selain mencegah oli bocor, juga memiliki peran yakni menjaga cairan pada mesin agar tetap stabil. Radial lip seal ini merupakan segel rapat yang membatasi cairan luar agar tidak masuk ke dalam mesin. Selain cairan luar ada juga kotoran yang menjadi pengotor mesin.

Oil seal ini menjadi penghalang yang efektif untuk mengurangi kontaminasi dari luar sehingga oli yang ada di dalam tidak bercampur pengotor yang lainnya. Oil seal yang tidak baik kinerjanya dapat menyebabkan kerusakan pada komponen mesin karena menyebabkan kebocoran oli.

Air atau debu juga terhalangi untuk masuk ke dalam mesin karena adanya radial lip seal ini. Cairan yang stabil karena tidak tercampur benda asing memberikan kinerja mesin yang optimal. Selain dari pemeliharaan mesin itu sendiri dan oli yang berkualitas.

Baca Juga: Fungsi Inverter Mobil yang Jarang Diketahui

Kesimpulan

Dalam dunia otomotif pasti kita sudah tidak asing lagi dengan namanya oil seal. Oil yang artinya minyak dan seal yang artinya segel. Kalau digabung memiliki arti segel minyak. Oil seal merupakan komponen yang biasa juga disebut dengan sebutan radial lip seal.

Radial lip seal berperan dalam mesin mobil seperti melindungi mesin agar tidak bocor, mencegah oli bocor, dan menjaga cairan agar tidak bercampur.

Mesin yang kotor dapat menghambat kinerja dari mesin itu sendiri. Kinerja mesin yang turun menyebabkan pembengkakan biaya perawatan. Selain itu juga dapat menghabiskan bahan bakar minyak lebih banyak dari biasanya.

Oil seal juga dapat mencegah oli agar tidak bocor. Oli yang bocor merugikan kendaraan dan owner kendaraan itu sendiri. Owner akan kehilangan beberapa biaya untuk mengganti oli yang bocor dan untuk membenahi mesin yang telah bekerja keras karena olinya berkurnag drastis.

Oil seal juga menjaga cairan agar tidak tercampur benda asing dan berbagai pengotor yang ada di sekeliling kendaraan. Kinerja oli dan mesin jadi optimal maka kendaraan akan lebih nyaman untuk dipakai.  

Similar Posts

Leave a Reply