Penyebab Motor Ngebul, No 6 Sering Terjadi

                                                                                        

Penyebab motor ngebul โ€“ Kendaraan yang bernama motor ini memang sangat memudahkan kita untuk yang memiliki mobilitas tinggi dengan jarak yang dekat dengan rumah. Mau ke warung, mau  belanja ke pasar, mau ke swalayan terdekat semuanya pakai motor karena memang efektif untuk jarak dekat.

Mau ke kampung sebelah pakai motor. Rapat ke balai desa juga pakai motor. Pengen jogging pagi-pagi di alun-alun kota juga pakai motor. Berangkat sekolah dan kerja juga pakai motor. Motor ini emang kendaraan yang efektif dan efisien untuk yang bergerak kesana kemarin sendirian.

Selain itu menggunakan motor juga gampang dan mudah. Ada yang beranggapan kalau pakai motor manual atau motor yang memakai transmisi gigi lebih susah. Ada pula yang lebih memilih motor matic karena tinggal gas dan rem saja.

Kadang saat asyik-asyiknya naik motor tetiba asap yang keluar dari knalpot kita nampak alias ngebul. Suka kaget nggak sih tatkala kendaraan motor kita tiba-tiba ngebul. Loh pada awalnya kan biasa aja. Alias ngebul. Tetiba saja teman kita memberitahu sesuatu kepada kita saat berkendara. Bahwa motor kita ngebul. Haduhhh.

Kok bisa ngebul sih. Padahal tidak untuk bepergian jauh. BBM selalu penuh. Kok bisa ya motor kita ngebul. Apa saatnya harus ganti motor yang baru hehe.

Penyebab Motor Ngebul

1. Silinder Motor yang Sudah Aus

Penyebab motor ngebul yang pertama adalah silinder motor yang sudah aus. Aus adalah kondisi dimana suatu benda menjadi susut karena pengaruh dari gaya gesek. Gesekan antara dua komponen atau lebih ini menyebabkan benda jadi susut permukannya. Terlebih lagi permukaan yang sering bergesekan dengan benda yang lain.

Silinder motor yang aus karena memang bergesekan dengan piston motor. Saat kondisi motor menyala kedua komponen ini memang bergesekan. Efek dari gaya gesek ini menyebabkan silinder motor menjad aus. Silinder motor yang aus ini menyebabkan oli masuk ke dalam ruang bakar. Efek dari oli yang masuk ke ruang bakar ini adalah motor menjadi ngebul atau mengeluaran asap.

2. Batang Katup Bengkok

Penyebab motor ngebul yang kedua adalah batang katup bengkok. Batang katup ini memiliki fungsinya sendiri loh di motor. Fungsi batang katup ini adalah untuk menyambungkan antara klep dan cam. Pemasangan yang tidak sesuai pada batang katup ini menyebabkan menjadi bengkok. Batang katup yang bengkok ini menyebabkan motor menjadi ngebul atau berasap.

3. Efek dari Knalpot

Penyebab motor ngebul yang ketiga adalah efek dari knalpot. Siapa sangka malah knalpot juga bisa menyebabkan motor kita jadi ngebul. Waduh. Kok bisa sih. Harusnya kita pilih knalpot yang seperti apa ya?

Diantara banyaknya jenis knalpot, ada salah satu jenis knalpot yang bisa menyebabkan motor kita jadi ngebul. Karena dalam knalpot dilengkapi dengan penyemprotan oli yang masuk ke dalam spare part. Nah hl itulah yang menyebabkan proses pembarkan yang menyebabkan adanya asap yang keluar dari motor. Asap motor yang ngebul memang berwarna putih.

4. Ring Piston yang Aus

Penyebab motor ngebul yang keempat adalah ring piston yang aus. Ring piston merupakan salah satu komponen dalam motor. Ring piston memiliki fungsi agar oli tidak masuk ke dalam ruang pembakaran. Oli yang masuk ruang pembakaran ini menyebabkan motor kita menjadi ngebul.

5. Bocornya Sel Katup

Penyebab otor ngebul yang kelima adlah bocorya sel katup. Seal katup memiliki fungsi yakni sebagai ruang untuk masuk kke dalam pembakara. Seal katup yang bocor ini menyebabkan oli masuk ke dalam pembakaran.

Pemakaian kendaraan dalam jangka waktu yang lama menyebabkan kinerja komponennya kurang optimal. Termasuk seal katup juga kurang maksimal. Seal katup yang sudah rusak harus diganti agar tidak menghasilkan kinerja yang optimal.

6. Oli yang Terlalu Encer

Penyebab motor ngebul yang keenam adalah kondisi oli mesin encer. Seperti yang kita tahu bahwa oli untuk mesin kekentalannya memiliki standar yang tersendiri. Namun ada juga oli yang bentuknya encer entah karena faktor lain seperti kesalahan saat produksi atau yang lainnya.

Oli yang lebih encer membuat oli mudah masuk ke dalam ruang pembakaran. Dalam ruang pembakaran, oli tercampur dengan BBM.

Baca juga: Pengertian Dinamo Starter yang Harus Kita Tahu

Akibat Motor Ngebul

1. Boros BBM

Motor yang ngebul ternyata memiliki dampak loh. Yang pertama akibat motor ngebul adalah boros BBM (Bahan Bakar Minyak). Padahal pengen irit tapi ternyata malah membengkak biayanya gegara motor ngebul. Motor yang ngebul atau mengeluarkan asap biasanya memiliki masalah pada pembakaran. Pembakaran yang tidak sempurna menyebabkan efisiensi mesin jadi berkurang.

Selain itu daya tahan mesin juga ikut berkurang. Konsumsi bahan bakar yang tinggi ditambah dengan tahan mesin yang ikut berkurang. Malahan asap yang keluar dari knalpot merupakan pertanda ada gangguan pada komponen tertentu.

2. Polusi

Polusi khususnya udara juga efek dari motor yang ngebul. Bayangkan saja kalau kita berada di lampu merah dengan nyala lampu merah sekitar 120 detik. Di depan wajah kita ada motor yang ngebul. Mana pagi hari siap berangkat sekolah. Dengan memakai baju yang sudah diseterika sekaligus sudah mandi.

Malah posisi berada di belakang motor yang menghasilkan banyak asap. Rasanya kesal dan marah jadi satu. Apalagi berangkat di Hari Senin yang bangunnya kesiangan. Apa jadinya? Pasti kesal banget rasanya.

Polusi udara ini juga mengganggu lingkungan sekitar. Adanya zat berbahaya yang mengandung karbon monoksida dan zat yang bersifat racun lainnya dapat membahayakan manusia.

3. Dampak Negatif Terhadap Kesehatan Manusia

Akibat motor yang ngebul selain berdampak pada kendaraan motor itu sendiri yang boros BBM, berdampak negatif pada lingkungan karena menghasilkan polusi, juga memiliki dampak negatif terhadap kesehatan manusia.

Asap kendaraan yang mengandung zat seperti nitrrogen dioksidan, karbon monoksida, dan zat yang beracun lainnya menyebabkan gangguan pada sistem pernapasan manusia. Orang yang terpapar dengan zat berbahaya ini dapat menyebabkan sakit pernapasan seperti asma.

Partikel yang ukurannya yang sangat mini dan berasal dari asap kendaraan ini ketika dihirup lalu masuk ke paru-paru. Bisa masuk juga ke dalam aliran darah manusia. Zat yang beracun ini mengikat oksigen dalam darah. Kadar oksigen dalam bisa turun. Padahal semua organ hmembutuhkan oksigen untuk memaksimalkan kinerjanya.

Paparan yang tinggi terhadap gas karbon monoksida juga bisa mengganggu suplai oksigen yang akan diterima oleh otak. Otak merupakan tempat pembuat keputusan dan berpikir. Ketika kinerja otak terganggu karena suplai oksigen yang minimal maka akan terganggu. Fungsi kognitif juga bisa terganggu.

Kesimpulan

Motor yang ngebul penyebabnya bermacam-macam yaitu silinder motor yang sudah aus, batang katup bengkok, efek dari knalpot, ring piston yang aus, bocornya sel katup, dan oli yang terlalu encer. Motor yang ngebul juga memiliki efek negatif yaitu borosnya BBM, polusi udara, dan dampak negatif terhadap manusia yaitu mengganggu saluran pernapasan dan bisa menggganggu kinerja otak secara maksimal.

Similar Posts

Leave a Reply