Pengertian Kampas Kopling dan Tanda Kampas Kopling Habis yang Jarang Diketahui

pengertian kampas kopling

Pengertian kampas kopling โ€“ Halo Sobat Cahaya Global Teknik. Bagaimana kabarnya? Kabar baik bukan? Kalau kita sering memakai motor dan ke service motor pasti sering mendengar kata kampas kopling. Kampasnya habis, kata montirnya. Wah ini kata-kata sering diucapkan oleh montir.

Motor dengan kopling sering menjadi pilihan tatkala ingin berkegiatan touring. Kopling berada di stang bagian kiri. Kalau stang bagian kanan biasanya terhubung dengan rem motor sebelah depan.

Motor kopling meliputi berbagai jenis termasuk motor manual atau motor bebek, motor trail, motor sport dan lainnya. Motor kopling tidak ada di motor matic. Dari sekian banyaknya komponen yang ada di motor matic, ada yang namanya kampas kopling. Apa sih sebenarnya pengertian kampas kopling?

Pengertian Kampas Kopling

Kampas kopling adalah salah satu komponen dari motor yang memiliki peran tertentu. Fungsi kampas kopling adalah mengatur tenaga datau daya dari poros engkol ke transmisi. Kampas kopling bisa habis loh. Kampas kopling bisa kita cek tiap motor kita melewati perjalanann sekitar 12.000 km. Atau boleh juga sekitar kurang lebih 12 bulan.

Selain menyalurkan tenaga atau daya, kampas kopling ternyata bisa aus juga. Kampas koplin yang aus bisa menjadi salah satu penghambat kendaraan kita. Perlunya kita mengecek kampas kopling agar tidak terganggu selama perjalanan.

Tanda-Tanda Kampas Kopling Habis

Untuk mengenali tanda-tanda kampas kopling habis kita bisa melihat cirinya sebagai berikut yaitu:

Pengurangan Tenaga Mesin Pada Motor

pengertian kampas kopling

Pengurangan tenaga mesin pada motor merupakan tanda pertama bahwa kampas kopling kita telah habis. Kampas kopling yang menipis menjadikan tenaga mesin motor kita jadi berkurang drastits. Akselerasi motor jadi lemah.

Hal tersebut terjadi karena tenaga atau daya dari mesin tidak tersalurkan ke bagian lain. Sedangkan fungsi dari kampas kopling sendiri adalah menyalurkan tenaga atau daya tersebut. Jika daya tidak tersalurkan secara sempurna maka sebagian tenaga tidak efektif. Respon motor menjadi kurang optimal saat peralihan posisi gigi atau transmisi.

Dampak dari pengurangan tenaga mesin pada motor adalah mesin motor bekerja dengan putaran yang lebih tinggi agar motor kita jadi bergerak. Motor yang kurang pergerakan mesinnya menyebabkan motror jadi sulit meraih atau menempuh kecepatan maksimalnya yang diharapkan oleh pengendara motor itu sendiri.

Proses Perpindahan Gigi Pada Motor Kopling Disertai Dengan Suara Keras

pengertian kampas kopling

Prose perpindaan gigi ini dengan suara keras menjadi tanda kampas kopling habis. Bagi orang-orang yang sering mengendarai menggunakan motor kopling pasti sudah hafal dengan suara perpindahan gigi pada motor. Pada motor yang kampas koplingnya belum habis maka tidak ada suara-suara yang mengganggu. Sedangkan pada motor kopling dengan suara pergerakan gigi yang keras maka dipastikan bahwa kampas koplingnya udah habis atau tipis sekali.

Kecepatan motor akan jadi berkurag tatkala kampas kopling habis karena daya mesin yang disalurkan tidak maksimal. Keadaan ini normal saat kampas kopling telah habis. Agar daya mesinnya menjadi optimal perlu bagi kita untuk mengecek kampas kopling secara rutin atau saat ingin berkendara dengan jarak yang jauh.

Kopling Menjadi Selip

pengertian kampas kopling

Kopling menjadi selip adalah tanda kampas kopling habis untuk poin yang ketiga. Kampas kopling yang telah aus menyebabkan pergeseran gigi atau transmisi menjadi agak susah. Tanda lainnya yang terjadi tatkala kampas kopling habis adalah motor kehilangan tenaga atau dayanya saat mencoba beralihnya gigi atau transmisi.

Motor yang kampas koplingny habis membutuhkan tekanan yang lebih keras lagi agar proses perpindahan gigi atau transmisi pada motor bisa berjalan dengan lancar. Wah kalau motormu udah merasakan hal begini segera cek atau periksa ke bengkel motor terdekat ya.

Mesin Jadi Lebih Panas

pengertian kampas kopling

Tanda kampas kopling habis untuk poin keempat adalah mesin motor jadi lebih panas. Ketika kampas kopling pada motor mengalami aus atau sudah sangat tipis maka menjadikan komponen lain cengkraman pada platnya berkurang. Hal tersebut menyebabkan plat lebih cepat memanas karena bersentuhan atau bergesekan terus menerus.

Kenapa bisa begitu? Analoginya sederhana seperti ini. Pada kondisi yang normal mesin beputar pada angka 5000 rpm untuk bisa mencapai kecepatan sebesar 60km/jam. Namun ketika kampas kopling aus maka mesin harus bekerja lebih keras lagi. Mesin akan berputar pada 7000 rpm.

Kickstarter Terasa Enteng

Tanda kampas kopling habis untuk point kelima adalah kickstarter terasa enteng. Kickstarter digunakan untuk menyalakan motor kita. Biasanya letaknya di stang sebelah kanan. Saat menyalakan motor kita ada dua langkah yang bisa kita pakai. Yang pertama dengan menekan tombol kickstarter sedangkan yang kedua adalah menginjak pedal di sebelah kanan.

Jika pedal starter saat diinjak terlalu ringan atau bahkan loss maka dipastikan kampas koplingnya sudah habis. Kalau sudah habis segera ke bengkel terdekat untuk mengganti kampas kopling yang habis.

Baca Juga: Ciri Timing Belt Mobil Perlu Diganti yang Biasanya Jarang Diketahui

Penyebab Kampas Kopling Cepat Habis

Setelan Kopling

pengertian kampas kopling

Masa pakai kopling juga bisa dipengaruhi oleh kondisi kopling motor. Setelan kopling motor yang terlalu pendek dan kebiasaan kita saat mengendarai motor sambil menahan kopling menjadi dua penyebb kampas kopling jadi cepat habis.

Nah kenapa bisa begitu? Semakin lama kopling ditahan maka gesekan akan semakin tinggi yang dapat menyebabkan pengikisan pada kampas kopling. Siapa nih yang suka menahan kopling? Alangkah lebih baiknya jangan menahan kopling karena bisa menyebabkan kampas kopling jadi lebih aus yaa.

Kualitas Kabel

Kualitas kabel menjadi penyebab kampas kopling cepat habis untuk poin kedua. Kabel juga bisa memengaruhi kinerja atau perfoma kampas kopling. Tuas kopling terhubug dengan kabel yang terkoneksi ke mesin motor.

Kondisi kabel kopling yang buruk mengakibatkan kinerja kopling jadi menurun. Kabel kopling yang buruk kualitasnya menjadikan kampas kopling mengalami keausan.

Oli Mesin

pengertian kampas kopling

Oli mesin menjadi salah satu penunjang yang bisa menyebabkan kampas kopling menjadi lebih cepat aus. Peran oli adalah melumasi mesin dan mendinginkan mesin. Fungsi oli juga mendinginkan transmisi dan kampas kopling juga. Oli mesin juga berpengaruh terhadap kampas kopling. Oli yang kualitasnya kurang bagus menyebabkan mesin jadi lebih panas. Akibatnya kampas koplig mengalami keausan lebih cepat. Gesekan yang intens menyebabkan mesin cepat panas hingga bisa terbakar.

Kesimpulan

Kampas kopling motor memiliki peran penting. Peran tersebut diantaranya adalah mengatur daya atau tenaga. Selain itu kampas kopling juga bisa aus dan habis. Maka perlu dicek dan diperiksa secara berkala. Ada beberapa tanda yang bisa kita ketahui bahwa kampas kopling kita telah habis atau aus diantaranya adalah berkurangnya daya mesin, suara keras saat perpindahan gigi, kopling yang selip, mesin pada motor yang lebih cepat daripada biasanya, dan kickstarter yang terasa enteng.

Ada beberapa penyebab keausan pada kampas kopling diantaranya adalah setelah kopling yang pendek, kebiasaan menahan kopling, kualitas kabel kopling yang buruk, dan oli mesin yang kurang kualitasnya.

Similar Posts

Leave a Reply